Bagaimana mengkontrol stock jika Anda pemilik toko retail seperti Indomaret, Alfamart, dll

Indomaret sudah mempunyai standard marketingnya sendiri, pertama kali buka buka grafiknya grafiknya naik. Jadi kalau mau jual Franchise, marketingnya harus tertulis termasuk SISTEM CONTROLnya, termasuk cara control stocknya.

Contoh, saya punya toko buku baru 35 ribu item buku saya kesulitan mengontrol stoknya, tapi saya belajar dari Indomart dan Alfamart, saya tanya barang-barang apa saja yang distok, apakah distoknya tiap hari? Lalu dia memberitahu apa saja yang harus distok?

Berikut cara kontrol stok, jika bisnis Anda seperti toko , indomaret, alfamart, yaitu :
  1. Stok barang-barang yang paling gampang hilang,
  2. Stok barang yang mahal,
  3. Stok barang yang laku,
  4. Stok barang yang dengan Sistem acak, dan selalu diganti-ganti,
  5. Stok barang yang bersifat barang restan, adalah barang yang sudah tidak laku yang tidak di display, itu yang paling gampang dicuri, yang paling laku yang mahal adalah yang paling sering hilang, kemudian yang secara acak dan yang restand pun sering hilang.
Bila ada barang yang hilang ditanggung sebesar 0,15% dari omset. Kalau terus hilang lebih dari itu berarti menjadi tanggung jawab pribadi yakni potong bonus atau potong gaji.

Berdasarkan salah satu buku yang saya baca, ternyata karyawan yang sudah 5 tahun keatas kemungkinan mencuri 300% lebih banyak dari pada karyawan baru dan sekali dia mencuri bisa mencapai 500% dibanding yang karyawan baru. Pencurian yang paling banyak adalah pencurian internal.