Cara saya mengatasi Windows 7 lambat nge-print di printer EPSON

Bismillah....

Sebelumnya saya mau bercerita.... mungkin diantara sobat ada yang punya pengalaman (pahit) seperti saya... Bahwa...di tempat kerja saya ada 5 buah printer; Canon IP2770, HP Laser Jet 1022, Epson Stylus TX121, dan 2 buah printer Epson Stylus T13x.
Pada suatu hari ketika saya mau nge-print pakai epson, saya rasakan agak sedikit lambat dan tak seperti biasanya... besoknya tambah lambat.. demikian seterusnya, tambah lama tambah lambat.. sampai-sampai ngeprint 1 huruf saja butuh waktu 3-5 menit !!!
Setelah saya teliti dan rasakan, dalam waktu bersamaan ternyata bukan hanya nge-print (cetak) yang lambat, tetapi dalam beberapa aktivitas yang lain juga bisa lambat, misalnya;
MASALAH:
1- Buka Document baru di CorelDRAW
2- Pengaturan Page Layout di MS Word (dll.)
3- Baru mau memulai nge-print (Ctrl + P)
4- Ganti type printer, misalnya yang default Canon IP2770 kemudian mau ganti ke Epson Stylus T13x
5- Mau buka Properties printer EPSON
6- Apply printer EPSON (dalam CorelDRAW)
7- Print Preview
8- Print (terakhir)
Jadi yang terganggu atau bisa lambat bukan cuman nge-print-nya saja, tetapi kerja program2 atau aplikasi2 di komputer juga bisa lambat/terganggu.


Akhirnya saya nyari di google, tetapi semua jawabannya hampir sama dan saya tak menemukan jawaban yang bisa menyelesaikan masalah saya....stress.. Kemudian telepon teman yang kerjanya tiap hari di depan komputer.. jawabannya juga gak pas... hampir putus asa... LALU saya ambil CD Windows XP siap-siap nge-FORMAT komputer biar urusannya cepat beres....

Alhamdulillah
Akhirnya Allah kasih petunjuk...tidak sampai nge-format...
Saya ambil CD Driver printer EPSON... saya unistall/remove semua driver yang ada di komputer, lalu saya test print, dan tes semua pekerjaan yang tadinya lambat, ternyata, Alhamdulillah kerja komputer jadi normal kembali.. hanya saja EPSONnya belum bisa dipake, tetapi minimal sudah ketahuan "biang kerok"nya yang bikin komputer jadi lambat, walaupun sebenarnya saya jatuh cinta pada printer Epson.

SOLUSI:
Singkatnya,,,, setelah try and error.. akhirnya ketemu juga solusinya
1) Uninstall / Remove semua driver printer EPSON yang ada di komputer
2) Buka My Computer, klik Local Disk (C:)
3) Ketik "EPSON" pada kotak pencarian [Search Local Disk (C:)] di Pojok Kanan Atas
4) Tunggu beberapa detik/menit, setelah muncul kata-kata EPSON baik berupa folder atau apa saja,,, DELETE semuanya, gak usah disisain.... (Shift + Delete) >> ENTER.  Beres.....
5) Install kembali driver printer EPSON yang sudah diremove tadi....

Jika menurut sobat blogger tulisan ini bermanfaat silahkan dishare.....


Kalau manfaat, jangan lupa dishare...
Artikel Cara saya mengatasi Windows 7 lambat nge-print di printer EPSON ini Anda baca di webeson.blogspot.com Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa kasih komentar.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Silahkan baca Posting Meranik Lainnya di bawah ini dan jangan lupa berkunjung kembali
Flag Counter

  ©webeson - All Rights Reserved.

Template by Dicas Blogger | Top