Pengertian Freeware dan OpenSource

Freeware adalah perangkat lunak yang memiliki hak cipta namun bisa digunakan oleh siapa saja tanpa diberi batas waktu pemakaian dan bisa diunduh secara gratis dalam artian tidak perlu membayar untuk dapat menggunakannya.

pengertian freeware 

Pengertian Freeware

Meskipun freeware ini merupakan software gratis, biasanya para pengembang freeware akan menambahkan aturan-aturan yang berhubungan dengan penggunakanan freeware tersebut.  Aturan yang umum dipakai oleh pembuat freeware adalah
  • Tidak boleh digunakan untuk kepentingan komersial.
  • Tidak boleh diubah atau dimodifikasi untuk alasan apapun dan ke dalam bentuk apapun.
Pihak pengembang freeware ini memang dengan sengaja membuat perangkat lunak gratis dan biasa mereka membuatnya untuk diberikan/disumbangkan kepada komunitas, namun masih ingin mendapatkan hak mereka sebagai pembuat dan pengembang sehingga bisa melakukan kontrol untuk dapat melakukan pengembangan selanjutnya.  Dan pada saat mereka memutuskan untuk tidak lagi mengembangkannya biasanya mereka akan memberikan source code freeware sehingga programmer lain dapat mengembangkannya.
Trelepas dari semua itu, pengertian freeware yang merupakan program gratis, memang membuat para penggunakan komputer menjadi lebih dimanjakan.  Tanpa harus memiliki lisensi sudah dapat menggunakan secara gratis.

Pengertian Freeware dan OpenSource

Ada juga yang merasa agak bingung tentang pengertian freeware dan juga opensource yang memang pada dasarnya kedua perangkat lunak ini adalah sama-sama software gratis, namun anda juga harus tahu kalau diantara keduanya memiliki perbedaan yang mendasar.
Mengulang kembali tentang Freeware yang dapat digunakan secara bebas namun tidak boleh dimodifikasi sebaliknya untuk perangkat lunak Opensource anda diperbolehkan untuk memodifikasi perangkat tersebut.  Yang membuat mereka sama adalah kedua-duanya adalah perangkat gratis.
Mungkin itulah penjelasan tentang Pengertian Freeware semoga anda dapat memahaminya namun jika anda masih belum mengerti atau anda ingin menambahkannya tentang penjelasan di atas bisa tambahkan melalui kotak komentar di bawah.

Sumber: http://www.azharkomputer.com/2012/10/pengertian-freeware-dan-opensource.html 


 

Kalau manfaat, jangan lupa dishare...
Artikel Pengertian Freeware dan OpenSource ini Anda baca di webeson.blogspot.com Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa kasih komentar.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Silahkan baca Posting Meranik Lainnya di bawah ini dan jangan lupa berkunjung kembali
Flag Counter

  ©webeson - All Rights Reserved.

Template by Dicas Blogger | Top