Apa Itu HTML? Pengertian HTML

Apa itu HTML?

HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language,dalam arti umum,sebuah web adalah sebuah dokumen HTML,yang mana sebuah HTML itu sendiri merupakan bahasa yang menggunakaan tanda-tanda tertentu(Tag)untuk menyatakan kode-kode yang harus diterjemahkan oleh Browser,agar halaman dapat di tampilkan secara benar.Kursus htmlHTML sendiri,sebenarnya hanya dokument biasa,hanya dokumen ini dapat dilakukan untuk pemformatan text,peletakan object,maupun Hypertext yakni text yang berfungsi ganda sebagai penghubung (Link)antara halaman satu dengan yang lain.
Nah!link inilah yang menjadi ciri sekaligus membentuk suatu www (Jaringan global antar text / halaman)


Bagaimana contoh sederhana bentuk sebuah halaman HTML?
Sebagaimana Pengertian Blog pada posting pelajaran-blog.blogspot.com beberapa waktu lalu,bahwa sebuah halaman web yang baik,secara fisik akan terdiri dari sebuah Header,Body,Sidebar dan Footer.
Untuk membentuk sebuah halaman HTML secara sederhana,kita memanfaatkan Notepad pada komputer anda.
Tapi sebelum itu,pergi ke My Document,pilih Folder Option,lalu pilih View,kosongkan check box pada Hide Extentions for Known Filetypes,inihanya untuk memperlihatkan File type dari setiap file di komputer anda.Setelah itu,buka Notepad dan tuliskan kode di bawah ini : tentang html mania

<html><head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
<p>Hallo! aku sedang belajar blog di Pelajaran Blog !</p>
</body>
</html>

Setelah itu simpan dengan nama "belajar",yang nantinya di komputer anda akan menjadi "belajar.txt",setelah itu,klik kanan file tersebut pilih Rename rubah menjadi "belajar.htm".
Setelah itu,Open file tersebut,dan anda sudah bisa melihat suatu tampilan halaman HTML yang di maksud.belajar html
Apa keterangan dari kode-kode di atas?

Kode HTML,dalam setiap kodenya di awali dengan tanda <> dan di akhiri dengan </>

contoh:
<html>merupakan penandaan bahwa halaman HTML di mulai.
</html>merupakan tanda bahwa halaman html ditutup.
<Head>artinya merupakan awal kepala
</Head>artinya merupakan akhir bagian kepala.
<Title>menujukkan judul yang akan keluar pada Bar atas yang ditutup dengan </title>
<body>isi dari halaman tesebut,seperti contoh HTML diatas,isinya berupa kata "Hallo! aku sedang belajar blog di Pelajaran Blog !"yang ditutup dengan akhir isi halaman,yaitu </body>
Sedangkan tanda <p> yaitu pembentukan alinea baru,seperti halnya anda menekan Enter pada Ms Word untuk membentuk kursor baru pada Alinea baru,yang mana diakhiri pula dengan tanda </p>.
Untuk membentuk alinea baru bisa juga menggunakan kode <br> dan diakhiri dengan </br>
Gimana? masih kurang jelas?untuk kode-kode pengoptimalan,seperti mempertebal huruf,miring,garis bawah,membuat tabel dan lain-lain silahkan kunjungi di sini.html tutorialHtml itu apa ya?

Copas: http://pelajaran-blog.blogspot.com/

Kalau manfaat, jangan lupa dishare...
Artikel Apa Itu HTML? Pengertian HTML ini Anda baca di webeson.blogspot.com Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa kasih komentar.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Silahkan baca Posting Meranik Lainnya di bawah ini dan jangan lupa berkunjung kembali
Flag Counter

  ©webeson - All Rights Reserved.

Template by Dicas Blogger | Top